Nama : Sri Maryati (11108865)
Kls : 2 KA 06
Tugas TOU 3
Komunikasi
Yang dimaksud dengan komunikasi adalah penyampaian berita/pesan oleh komunikator (si pengirim berita) kepada komunikan (si penerima berita). Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Ada 6(enam) unsure atai bagian yang berperan dalam proses komunikasi (komponen komunikasi), yaitu :
1. Komunikator, yaitu sumber pengirim berita.
2. Enkode, yaitu proses pengantar berita.
3. Message, disebut juga pesan atau berita yaitu ide yang disampaikan.
4. Dekode, yaitu proses penerimaan berita.
5. Komunikan (Communicate), yaitu orang yang menerima berita.
6. Respon (FeedBack),yaitu tanggapan.
Adapun jenis-jenis komunikasi adalah sebagai berikut :
1. Komunikasi menurut lawan yang terdiri dari :
a. Komunikasi pribadi; suatu lawan satu, artinya komunikator dan komunikan terdiri dari masing-masing 1 (satu) orang.
b. Komunikasi umum; satu lawan banyak, banyak lawan satu, dan banyak laan banyak.
Satu lawan banyak, komunikator seorang yang berhadapan langsung dengan komunikan jamak (lebih dari seorang).
Banyak lawan satu, Komunikator lebihdari seorang sedangkan komunikan hanya seorang.
Banyak lawa banyak, Kmunikator banyak dan komunikan pun banyak.
2. Komunikasi menurut jumlah yang terdiri atas :
a. Komunikasi perseorangan, yaitu komunikasi antar pribadi
b. Komunikasi kelompok, yaitu komunikasi antara intitusi/badan dengan institusi lainnya atau komunikasi antara organisasi-organisasi.
3. Komunikasi menurut maksud yang terdiri atas :
a. Memberi perintah (instruksi),
b. Nasehat,
c. Saran,
d. Menganjurkan,
e. Rapat,
f. Pertemuan,
g. Wawancara.
4. Komunikasi Langsung dan komunikasi tidak langsung :
Komunikasi langsung ialah komunikasi yang dilakukan secara langsung bertatap muka.
Komunikasi tidak langsung ialah komunikasi yang disampaikan secara tidak langsung bertatap muka tetapi dipisahkan oleh jarak, tempat dan waktu.
5. Komunikasi Internal yaitu komunikasi yang dilakukan dalam lingkungan sendiri, yang terdiri atas;
Hubungan Vertikal (tegak), yaitu proses menyampaikan sesuatu berita dari pihak pimpinan kepada bawahan atau pihak bawahan kepada pimpinan.
Hubungan Horozontal (datar), yaitu hubungan komunikasi antara pejabat atau satu jenjang/ level yang sama pada suatu organisasi.
Teknik berkomunikasi yaitu antara lain :
Komunikasi informatif [informative communication]
Komunikasi persuasif [persuasive communication]
Komunikasi instruktif/ koersif [instructive/ coersive communication]
Hubungan manusiawi [human relation]
Fungsi dari Komunikasi antara lain :
Menyampaikan informasi/penyebaran[to inform]
Mendidik [to educate]
Menghibur [to entertain]
Mempengaruhi [to influence]
Perusahaan yang sangat efektif dalam komunikasi yaitu perusahaan yang berdiri dibidang Adverticing. Karena perusahaan dalam bidang jasa ini sangat memerlukan suatu komunikasi yang sangat efektif terutama pada suatu alat komunikasa seperti : surat, telepon, fax,
koran, majalah, radio, TV, film, e-mail, internet, dsb. Demi kelancarannya suatu perusahaan ini maka dari itu alat komunikasi ini sering dipakai dalam mengerjakan suatu pekerjaan agar pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah.
Apakah Komunikasi suatu media elektronik itu efektif bagi suatu perusahaan ?
Suatu media alat elektronik ini sangat efektif bagi suatu perusahaan demi kelancaran suatu perusahaan kita membutuhkan suatu media elektronik yang dapat membantu kelancaran suatu perusahaan . Manfatnya dari media komunikasi elektronik ini yaitu :
Cepat
Tepat
Akurat
Efisien
Alat komunikasi elektronik ini sering dipakai bagi semua manusia karena dengan adanya komunikasi elektronik ini kita dapat mengetahui informasi dari luar Negara dan manca Negara. Agar kita dapat mengetahui bagaimana dengan keadaan lingkungan dinegara kita ini.
Tetapi ada dampak negatifnya dari menggunakan suatu alat komunikasi ini seperti pada televisi, karena dengan adanya alat komunikasi televisi ini banyak sekali manusia yang menyalah gunakan media elektronik ini. Kebanyakan manusia jika mereka sedang menonton televisi ini mereka menjadi malas untuk melakukan sesuatu yang lainnya. Dan lupa akan waktu sehingga suatu pekerjaan menjadi tertunda.
REFERENSI
www.ilmukomputer.com
www.wikipedia.com
Widyatmini, Pengantar Organisasi dan Metode, Depok, 1996
http://www.geocities.com/~educationplace/4mod.html
Effendy,Drs.MA. Ilmu omunikasi, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung,1990
Gunandi,ys,Drs.Dkk, Etika Komunikasi, Penerbit Iked Solo,1996
Tidak ada komentar:
Posting Komentar