Jumat, 16 Oktober 2009

Nama :sri maryati

npm:11108865

2KA06

tugas 1




Pengusul:


Bachtiar Rizki(10108375)

Dewi Anggraeni (10108556)

Manna Fathia (18109024)

Siti Wahyuni (11108853)

Sri Maryati (11108865)

Subhan Bangun(11108875)








PT.GLOBAL JAYA


Dengan Sistem Informasi yang cepat, tepat, akurat, online dan up to date dapat mengefesiensi tenaga, waktu, dan pikiran. Sehingga dapat memacu hasil produktifitas kerja yang frofesional.

LEMBARAN RINGKASAN PROPOSAL


Nama Projek

Sistem informasi E-Learning berbasis WEB untuk sekolah

Bentuk Projek

Perancangan, pembuatan dan hosting website

Pemilik Projek

PT. Global Jaya

Sponsor

Jaringan Pendidikan Nasional

Tujuan

Mempermudah mengelola informasi

Pekerja

6 orang

Estimasi Anggaran


Perusahaan lain yang berhubungan

Internet service provider


Jakarta, Oktober 2009

Mengesahkan;

Direktur PT.Global Jaya,





Christian Fernando, MM













Dalam konteks pengembangan Sumber Daya Manusia, pendidikan adalah usaha yang secara sadar diarahkan untuk mengembangkan potensi generasi muda agar memiliki kemampuan, keterampilan, sikap dan kepribadian. Hal ini sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yaitu terbentuknya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, berdisiplin, profesional, bertanggung jawab, produktif, serta sehat jasmani dan rohani.

Untuk mewujudkan tujuan ini diperlukan perhatian dan kerjasama yang terpadu dari semua elemen masyarakat dunia pendidikan, termasuk orang tua dan guru, sebagai elemen yang berhubungan langsung dengan proses pendidikan seorang anak.

Mengingat akan pesatnya kemajuan teknologi yang sudah merambah ke semua bidang, serta pola kehidupan masyarakat indonesia yang sudah relatif maju, dapat dipastikan bahwa hampir semua orang saat ini sudah memanfaatkan teknologi intenet, yang sebenarnya hal ini dapat diarahkan untuk menjadi nilai tambah dalam rangka kemajuan dunia pendidikan.

Menyadari akan semua ini kami berinisiatif untuk berpartisipasi aktif dalam membangun suatu layanan Sistem Informasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Sekolah. Layanan ini berfungsi sebagai suatu media komunikasi antara sekolah dengan orang tua, yang dapat membantu orang tua dalam mengawasi perkembangan putraputrinya di sekolah.

Pengiriman informasi melalui media Web akan menjamin tersampaikannya informasi ke orang tua secara cepat, tepat, akurat, online dan up to date tanpa harus menunggu hasil evaluasi belajar tahap akhir yang biasanya baru diterima oleh orang tua pada saat pengambilan raport.

Misalnya apabila siswa berangkat dari rumah tetapi tidak hadir di sekolah, maka orang tua akan mendapatkan laporan dari sekolah secara langsung pada hari yang sama, yang akan dikirimkan secara otomatis oleh sistem dalam bentuk Web.

Di samping itu, orang tua juga akan mendapatkan data nilai ulangan baik harian, semester maupun UAS dan UAN secara otomatis, segera setelah siswa selesai melaksanakan ujian, beserta nilai rata-rata kelas, yang akan sangat membantu orang tua untuk mengevaluasi prestasi anaknya di sekolah.

Kemungkinan lain, apabila siswa diamanatkan oleh oang tuanya untuk membayar SPP tapi tidak dibayarkan sampai dengan batas waktu tanggal tertentu setiap bulan, maka sistem secara otomatis akan mengirimkan data tunggakan SPP tersebut sebagai peringatan kepada orang tua siswa yang bersangkutan.

Bagi orang tua yang ingin melihat statistik absensi, nilai maupun pembayaran SPP selama tahun ajaran berjalan dapat mengakses data siswa tersebut secara online melalui media internet.

Dengan demikian, secara keseluruhan sistem ini berfungsi membantu kelancaran sistem pendidikan, dengan memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi sebagai media penghubung antara orang tua dengan sekolah, yang akan sangat membantu menjaga para pelajar agar tetap selalu dibina ke arah kegiatan positif dan jauh dari hal-hal yang merusak serta mengarahkan mereka agar menjadi Sumber Daya Manusia yang potensial untuk pembangunan bangsa dan negara.



VISI DAN MISI





Visi

Visi dari perusahaan ini untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi generasi muda agar memiliki kemampuan, keterampilan, sikap dan kepribadian.

Misi

Misi dari perusahaan ini untuk membantu kelancaran system pendidikan denga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.



  1. Meningkatkan layanan informasi kepada orang tua/ wali murid

  2. Meningkatkan citra positif sekolah khususnya kepada masyarakat umum

  3. Menyediakan jasa layanan informasi akademik dan sekolah kepada orangtua/ wali murid melalui media internet (website)

  4. Membantu memonitor perkembangan prestasi siswa di sekolah

  5. Membantu proses pengawasan tehadap aktifitas siswa di sekolah





1. Aktifitas

2. Chat

3. Forum



  1. Menyajikan informasi yang dibutuhkan orangtua/ siswa secara up to date dengan biaya yang murah

  2. Meningkatkan citra sekolah sebagai sekolah yang peduli, transparan, dan maju selangkah dibidang teknologi.

  3. Mendapatkan laporan yang komprehensif tentang prestasi akademik siswa, statistik kehadiran, serta pembayaran SPP yang disajikan dalam bentuk online melalui media Web.

  4. Mendapatkan fasilitas peringatan dini kepada wali murid, dengan memberikan data-data absensi, nilai atau tunggakan yang cepat dan autentik.

  5. Sebagai alternatif pengiriman pengumuman/pemberitahuan/peringatan kepada wali murid sebagai ganti surat edaran sekolah, yang akan lebih menjamin informasi tersebut sampai ke wali murid, dengan biaya yang relatif tidak berbeda jauh dengan biaya foto copy surat edaran bahkan mungkin di masa mendatang akan jauh lebih murah.

  6. Memudahkan sekolah untuk mengirimkan infomasi ke suatu kelompok/grup seperti guru, wali murid perkelas, atau wali murid seluruh siswa.



  1. Memudahkan pemantauan dan pengawasan putraputrinya kapanpun dan dari manapun

  2. Mengetahui perkembangan prestasi siswa di sekolah dalam bentuk laporan nilai ulangan harian, semester, UAS dan UAN, termasuk ranking di kelasnya.

  3. Memonitor kehadiran putraputrinya di sekolah secara online tanpa harus menunggu laporan dari guru maupun pada saat pengambilan rapor.

  4. Mengetahui status pembayaran SPP serta biaya pendidikan lainnya.

  5. Mengetahui aktifitas serta kegiatan di sekolah dalam bentuk laporan kegiatan, kalender akademik, tingkat kelulusan, pengumuman, dan lain lain yang diakses secara online dan murah melalui media internet.

  6. Orang tua dapat mengakses website sekolah kapan saja dan dimana saja.



  1. Memudahkan memperoleh data nilai ulangan harian atau ujian semester disertai dengan nilai rata-rata kelas perujian sebagai bahan evaluasi belajar maupun sebagai informasi kelulusan UAS dan UAN

  2. Siswa dapat melihat nilainya melalui Website

  3. Siswa dapat meminta nilai remedial melalui Website.




Layanan ini menampilkan semua informasi kegiatan belajar mengajar di sekolah secara online melalui media internet. Layanan ini tidak hanya memberikan data-data statis seperti kurikulum, fasiltas sekolah, tenaga pengajar dan lain-lain tetapi juga menampilkan data-data yang bersifat dinamis seperti absensi dan nilai ujian yang dapat membantu untuk melakukan evaluasi baik persiswa, perkelas maupun secara keseluruhan.

Informasi yang di tampilkan melalui layanan ini dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu :

Halaman Statis

  1. Profil

Menampilkan profil sekolah, sambutan kepala sekolah, daftar tenaga pengajar dan staff Administrasi

  1. Fasilitas

Menampilkan seluruh fasilitas yang dimiliki sekolah dalam bentuk foto-foto yang menarik meliputi fasilitas kantor, kelas, laboratorium, perpustakaan, fasilitas kesehatan (UKS), olahraga dan lain-lain.

  1. Program

Menampilkan data-data kurikulum, akademik, non akademik, ekstrakulikuler, beasiswa, serta berbagai prestasi yang dihasilkan oleh sekolah

Halaman Dinamis

  1. Informasi Umum

Menampilkan informasi umum sekolah beserta agenda kegiatan, berita serta pengumuman yang dapat dimasukkan dengan menggunakan fasilitas entri data. secara online dengan database dan dapat di update setiap saat.

  1. Buku Tamu

Memberikan fasilitas pengisian buku tamu yaitu kesan dan pesan terhadap sekolah yang akan ditampilkan secara online melalui internet.

Halaman Interaktif

  1. Halaman Siswa

Menampilkan data absensi persiswa selama satu tahun ajaran, nilai ulangan harian semester berjalan, nilai ujian semester 1 sampai semester 6, serta nilai Ujian Akhir Sekolah dan Nasional.

  1. Halaman Guru

Menampilkan data perkelas selama satu tahun ajaran, meliputi absensi, nilai ulangan harian semester berjalan, nilai ujian semester 1 6, serta nilai Ujian Akhir Sekolah dan Nasional. Layanan ini juga memiliki fasilitas entry data yang dapat di gunakan oleh guru untuk memasukkan data absensi dan nilai perkelas serta permatapelajaran

  1. Halaman Administrator

Menampilkan fasilitas entri data siswa, kelas, mata pelajaran, guru dan pegawai Jenis halaman aktif ini mengharuskan penggunanya untuk memasukkan login dan password.


Jenis halaman yang akan ditampilkan ditentukan oleh sistem berdasarkan hak akses yang dimiliki sesuai id dan jenis user tersebut. Data absensi dapat dipilih berdasarkan bulan dan tahun dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan warna sehingga lebih mudah dibaca dan di evaluasi. Sedangkan data nilai dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran dan dapat dipilih berdasarkan bulan, tahun dan semester.






1. Fully integrated. memberikan solusi dalam satu kesatuan system secara keseluruhan sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan menghasilkan informasi dan laporan yang komprehensif


2. Multi User – Multi Tasking. dapat dioperasikan oleh pengguna (user) secara bersama-sama (concurrent) tanpa menimbulkan interupsi sehingga proses data lebih cepat dan efektif.



Kelayakan dalam sistem informasi ini selain dari yang telah tersebut sebagai manfaat bagi siswa, manfaat bagi orang tua serta keuntungannya dalam memakai software E-learning maka kelayakan dalam segi ekonominya bagi para siswa atau para guru dapat belajar jarak jauh dengan adanya E-learning sehingga dapat mengirit uang transportasi juga dapat menghemat waktu.


Adapun kelebihan elearning adalah :

  1. melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir

  2. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya

  3. mengontrol kegiatan belajar peserta didik.

Sedangkan kelemahannya itu sendiri adalah :

  1. Kehadiran guru sebagai makhluk yang hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang.





Pembagian Tugas Pelaksana Proyek

Pelaksana

Tugas

1. Maneger

1. Penanggung jawab projek

2. Bertanggung jawab kepada pihak sekolah

3. Hubungan dengan luar

4. Memanajemen projek

5. Memanajemen pekerjaan

2. Sekretaris

1. Bertanggung jawab kepada manager

2. Mendata dan pengarsipan

3. Memanajemen pekerjaan

3. Programer

1. Membuat projek

2. Bertanggung jawab kepada sekertaris

4. Design

1. Membuat projek

2. Bertanggung jawab kepada sekertaris




Keahlian

Keahlian

Jumlah orang

Programer

4 Orang

Designer

3 Orang

Database

3 Orang

Networking

2 Orang



















Estiminasi Dana

No.

Jenis Kebutuhan

Volume

Frekuensi

@

Jumlah

Operational

1

Software

Moodle dan PHP

2

Unit

1

kali

Rp 100.000,00


2

Komputer pentium 4

5

Unit

1

Kali

Rp4.000.000,00


3

Konsumsi

5

Orang

79

Hari

Rp20.000,00


5

Transportasi

1

Orang

8

Kali

Rp50.000,00


6

Pemasangan Networking

3

Orang

8

Kali

Rp6000.0000,00


Sub Total


Projek

1

Gaji Pekerja

5

Orang

3

Bulan

Rp10.000.000,00

Rp150.000.000,00

2

Pengetest Program

2

Orang

2

Kali

Rp500.000,00

Rp2.000.000,00

3

Survey Informasi

2

Orang

3

Kali

Rp200.000,00

Rp1.200.000,00

4

Hosting

1

Host

1

Kali

Rp10.000.000,00

Rp10.000.000,00

Sub Total

Rp163.200.000,00


Total

Rp 181.330.000,00


Terbilang : Seratus Dealapan Puluh Satu Juta Tiga Ratus Tiga Puluh Ribu Rupiah








Sistem informasi ini bekerja sama dengan Internet service provider yang mendapatkan pemasangan networking. Pemasangan tersebut berupa bankwich berkapasitas 512 kbps,kabel UTP, dll.












Metode Project dapat dilihat dalam flow chart sebagaiberikut :



















Manager : Dewi anggraeni

Analisis : Team work

Sekretaris 1 : Sri Maryati

Sekretaris 2 : Siti Wahyuni

Programer : Subhan Bangun

Design : Manna Fathia

Network : Bachtiar Rizki












Kesuksesan suatu aktifitas sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya insani. Oleh karena itu sebagai wujud tanggung jawab serta kepedulian dan komitmen terhadap eksistensi siswa/i apapun harus kita lakukan dengan langkah-langkah yang konkrit.

Akhirnya demikian proposal ini disusun dan diajukan sebagai acuan dan bahan pertimbangan awal terselenggaranya Website Sekolah sebagai salah satu layanan informasi kepada orang tua/ wali murid di sekolah dalam rangka mengembangkan teknologi. Tiada kata yang seyogyanya di sampaikan selain ucapan terima kasih atas bantuan dan kerjasama semua pihak sehingga program ini dapat terlaksana.




























REFERENSI


www.ilmukomputer.com

www.wikipedia.com

Widyatmini, Pengantar Organisasi dan Metode, Depok, 1996

www.info@tutorialku.com

http://www.geocities.com/~educationplace/4mod.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar