Kamis, 22 Oktober 2009

Nama : Sri Maryati(11108865)

Kls : 2 KA 06

Tugas TOU 2


ARTI PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE

Secara garis besar pengertian organisasi dan metode rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperlihatkan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Istilah Organisasi dapat diartikan sebagai :

Wadah : Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama

Proses : Pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.

Secara keseluruhan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien dan efektif.

Dari pengertian diatas organisasi dan metode dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya.

  • Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen

  • Organisasi dan metode dapat memanfaatkan untuk sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

  • Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisien kerja untuk mencapai tujuan.

Betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan metode ini karena jika dalam suatu manajemen tidak terdapat organisasi dan metode maka suatu organisasi yang akan didirikan tidak dapat terlaksana dengan baik, maka dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen agar suatu manajemen yang didirikan dapat terlaksana dengan baik.

Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manajemen yang harus dilakukan dengan menggunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang telah ditentukan dengan cara yang setepat-tepatnya.

Kegiatan-kegiatan manajemen adalah sebagi berikut :

  • Planning (perencanaan)

Proses kegiatan pemikirandan penentuan yang harus dilakukan sexara rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya terlebih dahulu kita harus sudah dapat menentukan suatu perencanaan yang akan kita jalankan.

  • Organizing (Pengorganisasian)

Proses penyusunan pembagian kerja kedalam unit-unit kerja beserta fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi secara tepat sehingga suatu perencanaan yang sudah ada dapat berjalan dengan lancar.

  • Motivating (pendorong)

Proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai agar tercapainya suatu tujuan yang diinginkan.

  • Controling (Pengendalian)

Rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapainya tujuan yang telah direncanakan.

Keempat kegiatan manajemen tersebut tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber ataupun sarana yang harus didayagunaan secara tepat. Sumber-sumber yang dimaksud disebut 6 M( The six M’s in management istilah george R terry) yaitu :

  1. Manusia atau tenaga kerja (Manpower)

  2. Uang atau dana (Money)

  3. Bahan-bahan atau material (Materials)

  4. Mesin atau peralatan (Machines and equipment)

  5. Tata kerja atau methods

  6. Pasar (Market)

Dalam Perusahaan yang telah kami buat petrusahaan kami ini berbentuk perusahaan niaga dan kami dirikan perusahaan ini dalam menjalankan kegiatan organisasinya dan metodenya sangat baik karena perusahaan ini dalam menjalankan suatu pekerjaannya dilakukan secara kebersamaan dengan para pekerja yang lainnya secara berorganisasi dan melalui metode yang sangat efektif dan efisien sehingga perusahaan kami ini sangat cepat berkembang dengan pesat. Dalam manajemen perusahaan kami ini sangat efektif sehingga proses kegiatan pencapaian tujuan melelui kerjasamanya antar manusia sangatlah mudah tidak ada yang masing-masing melakukan kerjaanya tersebut mereka menjalankan suatu tuganya dengan penuh kerjasama dengan para pekerja lainnya agar suatu pekerjaan tersebut terlaksana dengan baik. Untuk dapat mencapainya tujuan tersebut perusahaan ini dibentuk suatu organisasi yang pada umunya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien agar mencapai suatu tujuan yang telah diinginkan oleh para pekerja.

Perusahaan kami ini organisasinya berbentuk Lini dan Staff karena Organisasi ini merupakan gabungan kedua jenis organisasi yang terdahulu disebutkan (line dan staf). Dalam organisasi ini staf bukan sekedar pelaksana tugas tetapi juga diberikan wewenang

untuk memberikan masukan demi tercapainya tujuan secara baik. Demikian juga pimpinan tidak sekedar memberikan perintah atau nasehat tetapi juga bertanggung jawab atas perintah atau nasehat tersebut. Keuntungan organisasi ini antara lain ialah keputusan yang diambil oleh pimpinan lebih baik karena telah dipikirkan oleh sejumlah orang dan tanggung jawab pimpinan berkurang karena mendapat dukungan dan bantuan dari staf.

Dalam kehidupan sehari-hari apabila unit kerja (departemen, perusahaan dan sebagainya) akan melaksanakan suatu rencana tidak selalu langsung diikuti oleh penyusunan organisasi baru. Struktur organisasi itu biasanya sudah ada terlebih dahulu dan ini relatif

Cenderung permanent lebih-lebih struktur organisasi departemen.

Disamping itu unit-unit kerja tersebut dijabarkan kedalam unit-unit yang lebih kecil dan masing-masing unit-unit kerja yang lebih kecil ini mempunyai tugas dan wewenang yang berbeda-beda (dirjen, direktorat, bidang, seksi, devisi, dan sebagainya). Masing-masing unit kerja tersebut sudah barang tentu akan menyusun perencanaan dan kegiatan-kegiatan, Untuk pelaksanaan rencana secara rutin cuku oleh staff saja yang ada sehingga tidak tidak perlu menyusun organisasi baru. Maka dari itu perusahaan kami ini berbentuk Lini dan Staff.

  • Mengapa perusahaan yang kami dirikan ini tidak berbentuk organisasi Lini?

Karena, Dalam jenis organisasi Lini ini, pembagian tugas dan wewenang terdapat perbedaan yang tegas antara pimpinan dan pelaksanaan. Peran pimpinan dalam hal ini sangat dominan dimana semua kekuasaan di tangan pimpinan. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan. Kegiatan utamanya adalah wewenang dan perintah sehingga perusahaan yang kami didirikan ini tidak dapat dikatan sebagi organisasi Lini.

Arti organisasi staff itu sendiri yaitu Dalam organisasi ini, tidak begitu tegas garis pemisah antara pimpinan dan staf pelaksana. Peran staf bukan sekedar pelaksana perintah pimpinan namun staf berperan sebagai pembantu pimpinan. Bentuk organisasi semacam ini muncul karena makin kompleksnya masalah-masalah organisasi sehingga pimpinan sudah tidak dapat lagi menyelesaikan semuanya dan memerlukan bantuan orang lain (biasanya para ahli) yang dapat memberikan masukan pemikiran-pemikiran terhadap masalah-masalah yang dihadapi.
Meskipun organisasi ini lebih baik dari yang pertama karena keputusan-keputusan dapat lebih baik namun kadang-kadang keputusan-keputusan tersebut akan memakan waktu yang lama karena melalui perdebatan-perdebatan yang kadang-kadang melelahkan. Sedangkan arti Organisasi Lini tersendiri yaitu Dalam jenis organisasi ini, pembagian tugas dan wewenang terdapat perbedaan yang tegas antara pimpinan dan pelaksanaan. Peran pimpinan dalam hal ini sangat dominan dimana semua kekuasaan di tangan pimpinan. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan kegiatan yang utama adalah wewenang dan perintah.

Memang bentuk organisasi semacam ini, khususnya didalam institusi-institusi yang kecil sangat efektif karena keputusan-keputusan cepat diambil dan pelaksanaan keputusan juga cepat. Kelemahannya jenis organisasi semacam ini kurang manusiawi, lebih-lebih para pelaksana tugas bawahan hanya dipandang sebagai robot yang senantiasa siap melaksanakan perintah.




























REFERENSI


www.ilmukomputer.com

www.wikipedia.com

Widyatmini, Pengantar Organisasi dan Metode, Depok, 1996

www.info@tutorialku.com

http://www.geocities.com/~educationplace/4mod.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar