Minggu, 08 Mei 2011

Polusi Udara

Saat ini, banyak hal yang tidak kita sadari yang dapat menyebabkan terjadinya polusi udara. Bahkan kita juga sering tidak menyadari beberapa polusi udara yang biasanya terjadi akibat kecerobohan manusia. Dengan berkembangnya teknologi industry, tentu saja akan semakin meningkatkan polusi udara di dunia ini. Seluruh asap pembuangan bahkan limbah-limbah dari industri akan menyebabkan polusi udara yang sangat berbahaya bagi manusia. Selain berasal dari Industri, berbagai polusi udara biasanya berasal dari kendaraan bermotor, penghancuran sampah dengan api, bahkan seluruh debu yang berada di dalam ruangan akan menyebabkan polusi udara yang tidak disadari. Debu merupakan salah satu polusi udara yang biasanya diabaikan oleh manusia, terutama di dalam kantor ataupun lingkungan sekitar rumah. Jika hal ini tidak diperhatikan dan dicegah, maka akan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia.

Dampak negative tersebut biasanya terjadi karena suatu ruangan yang dipenuhi debu merupakan ruangan yang tertutup dan tidak membuka ventilasi udara, sehingga debu akan bertahan di dalam ruangan tersebut. Di dalam lingkungan perkantoran, biasanya polusi terjadi di dalam ruangan kerja yang berdebu dan menggunakan AC, sehingga udara yang berputar di dalam ruangan tersebut adalah ruangan yang dipenuhi dengan debu. Jika hal ini terus terjadi, maka dampak negative dari debu akan segera muncul di dalam tubuh manusia. Hal ini terjadi karena tubuh manusia kekurangan oksigen, sementara udara yang masuk ke dalam tubuh adalah udara yang kotor yang dipenuhi dengan debu. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif jika tubuh kekurangan oksigen :

· Gangguan pernafasan
· Pilek, flu, infeksi
· Tumor, kanker
· Pikun
· Radang sendi


Sementara itu, ada hal lain yang perlu diperhatikan oleh setiap manusia untuk dapat bertahan hidup dan hidup sehat. Berikut ini adalah 3 elemen yang perlu diperhatikan oleh setiap manusia :
1. Makanan
Manusia membutuhkan sekitar 1 kg makanan sehat setiap harinya tanpa makan, manusia bisa bertahan selama 7 hari.
2. Air Bersih
Manusia membutuhkan 2 kg air bersih setiap harinya tanpa air bersih, manusia bisa bertahan selama 2 hari.
3. Udara Bersih
Manusia memerlukan 13.5 kg udara bersih setiap hari tanpa udara bersih, manusia tidak akan bertahan lebih dari 2 menit.

Dengan demikian, manusia harus senantiasa memperhatikan kebersihan lingkungannya, karena banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya polusi udara yang tidak disadari oleh mereka yang dapat menggangu kesehatan. Untuk melakukan pencegahan, terutama para pemilik industry harus memiliki kesadaran akan dampak negative yang dihasilkan melalui seluruh rangkaian kegiatan industri mereka. Paling tidak dengan membangun industri yang jauh dari pusat kota, sehingga tidak akan memberikan dampak polusi kepada seluruh warga kota. Selain industri, terdapat salah satu penyebab polusi yang dapat menyebabkan kematian. Penyebab polusi tersebut adalah asap rokok. Saat ini sangat banyak manusia yang sudah mulai mengkonsumsi rokok. Tetapi, kabar buruknya adalah yang mendapatkan dampak negatif dari rokok bukan hanya perokok, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Dan biasanya yang mengalami dampak negatif dari rokok adalah perokok pasif atau orang yang berada di sekitar perokok.

Jika ditelusuri dengan baik, maka akan ditemukan banyak penyebab terjadinya polusi udara yang memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia. Hal ini sebenarnya dapat dicegah, hanya saja hal yang paling penting adalah adanya kesadaran dari para penyebab polusi udara akan bahayanya polusi udara. Sehingga mereka tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi mereka, tetapi jga memikirkan kepentingan umum. Jika hal ini dapat tercapai, maka dampak negative dari polusi udara akan bisa dikurangi sedikit demi sedikit. Sehingga kesehatan manusia di bumi ini akan lebih terjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar